Apa Itu PMS, Yuk Lihat Disini Selengkapnya

  • Share

Sebagai kaum wanita pastinya mengalami siklus bulanan, yang biasanya disebut dengan menstruasi, sebelum itu buasanya Anda juga pernah merasakan adanya tubuh tidak nyaman pada saat menjelang menstruasi? Biasanya dalam hal ini Anda akan merasakan gejala fisik sampai emosional disaat Anda waktu haid akan tiba. Tanda yang seperti ini biasanya disebut dengan Premenstrual Syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi. Mungkin Anda penasaran apa itu PMS? Yuk lihat disini.

Apa itu PMS? Yuk Kita Lihat disini
Mungkin Anda pernah merasakan suasana hati yang berubah ataupun fisik terlihat berbeda sebelum datangnya mentruasi. Pada saat Anda mengalami PMS, tentu saja ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Biasanya akan merasa bad mood, belum lagi seharian menahan rasa yang tidak nyaman nyeri otot sendi. Seperti yang kita ketahui pada dasarnya menstruari sebagai salah satu hal yang wajar dialami oleh setiap perempuan.

Nah kalau menstruasi ini mengganggu aktivitas Anda, Anda mungkin sedang mengalami Premenstrual Syndrome (PMS). PMS sebagai salah satu bentuk perubahan yang dapat terjadi baik dari fisik ataupun secara emosional, sehingga ini bisa mempengaruhi Anda dalam berbagai tingkatan. Biasanya untuk perubahan ini dapat terjadi selama satu sampai dengan 2 minggu, menjelang datangnya menstruasi Anda. biasanya setelah selesai menstruasi sindrom, maka biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Bagaimana Gejala Yang ditimbulkannya Ketika PMS ini?
Sebenarnya kalau kita berbicara mengenai gejala yang ditimbulkannya, tentunya berbeda beda, biasanya dalam hal ini terdapat satu tanda sindrom pramenstruasi yang dialami oleh perempuan untuk setiap bulannya. Namun seiring dengan bertambahnya usia, gejala PMS tersebut bisa juga akan berubah.

Dalam hal ini tentu sangat sulit mengetahui gejala PMS serta menganalisa apakah Anda benar-benar terkena PMS? Nah salah satu cara untuk memikirkannya yaitu dengan kita mengajukan pertanyaan. Apakah ada perubahan mood, atau perubahan fisik yang mengganggu aktifitas sehari-hari Anda? kemudian apakah mengganggu kehidupan pertemanan, rekan kerja atau keluarga? Kalau iya, itu bisa dikatakan PMS.

Dalam hal ini tentunya ada cara lain untuk kita mengetahuinya, yaitu dengan cara menganalisa jika Anda mengalami gejala selama 5 hari dalam waktu berturut-turut, bisa dikatakan ini mungkin PMS. Namun dalam hal ini Anda jangan khawatir, kalau Anda dapat mengelola serta menghadapi PMS tersebut. Dalam hal ini Anda bisa mengalihkanya dengan cara melakukan aktivitas yang lainnya, yaitu saat tidur, olahraga serta meningkatkan pola makan. Anda bisa melakukan sesuatu yang membuat Anda senang, dalam hal ini Anda bisa mempelajari mengenai cara untuk menenangkan pikiran supaya lebih baik, kalau tidak berhasil sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Penyebab PMS, Ini yang Biasanya Mempengaruhi
Walaupun PMS ini pada umumnya sering terjadi pada kaum hawa, namun kebanyakan dokter tidak tahu apa penyebabnya ini. Dari dugaan sementara, beberapa kondisi tersebut memperngaruhi PMS namun tidak menyebabkannya. Mungkin dalam hal ini PMS bisa terjadi atau biasanya akan menjadi lebih buruk jika Anda sering Merokok, Berada di bawah banyak tekanan, Tidak berolahraga, Kurang tidur Minum banyak alkohol atau makan terlalu banyak kandungan garam, daging merah, atau gula, Depresi

Jika Anda mempunyai masalah kesehatan lain contohnya seperti sakit kepala, migrain, asma, serta alergi akan mengalami PMS tentu menjadi lebih buruk. Nah sudah tahukah Anda mengenai apa itu pms? Tentu saja beberapa informasi tersebut sangat membantu Anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *