Steaming : Pengertian, Tujuan, Cara Melakukan Yang Benar, Dan Beberapa Tips

Apa itu steaming? Sederhananya, pengertian steaming adalah mengukus. Saat baru belajar memasak, kamu mungkin akan mendengar istilah – istilah yang sebelumnya tak pernah dengar, misalnya steaming.

Bagaimana teknik dan cara steaming? Simak ulasan di bawah ini!

  1. Arti Steaming

Steaming adalah teknik memasak dengan cara mengukus yang merupakan salah satu teknik utama dalam memasak. Ada beberapa teknik memasak yang biasa digunakan yaitu blanching, deep frying, boiling, braising, poaching, bain marie, dan yang sedang dibahas disini yaitu steaming.

Umumnya, teknik memasak dengan steaming dilakukan dengan menggunakan uap air mendidih. Cara kerjanya memang mendidihkan air hingga menjadi uap, kemudian makanan dimasukkan ke dalam alat pengukus dalam kondisi tertutup rapat agar uap terfokus ke dalam. Uap ini lebih panas dibandingkan dengan air mendidih sehingga membuat makanan lebih cepat matang dan merata. Meski demikian, nutrisinya lebih aman dan tetap terjaga jika dikukus.

Tempat untuk mengukus makanan biasanya terdiri dari dua tingkat atau lebih. Bagian paling bawah dipakai sebagai tempat air, kemudian diberi pembatas yang berlubang sebagai tempat aliran uap dari air mendidih. Tempat pengukus juga bisa berupa alat tambahan yang bisa dipasang di panci atau wajan. Alat ini memiliki banyak lubang dengan beberapa kaki untuk memberi jarak antara makanan dan air.

Metode steaming biasanya hanya menggunakan air biasa tanpa menambahkan bahan lain. Bumbu – bumbu biasanya sudah dicampurkan terlebih dahulu ke dalam makanan. Namun, beberapa bahan makanan biasanya dikukus apa adanya demi mempertahankan rasa alaminya.

Teknik steaming digunakan untuk memasak beberapa jenis makanan seperti jagung, ubi jalar, singkong, kacang tanah, sayuran, dan makanan beku siap saji. Selain itu, makanan protein juga cocok dikukus seperti daging, ikan, dan hasil laut, khususnya bagi orang yang sedang menjalani diet kolesterol.

  1. Cara Steaming Yang Benar

Sebelum mencari tahu cara steaming atau mengukus yang benar, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu maksud atau tujuan dari mengukus. Selain untuk mematangkan makanan, namun mengukus memiliki beberapa tujuan berikut ini:

  • Membuat nutrisi dalam makanan tetap terjaga, karena kandungan vitamin bisa rusak atau bahkan hilang jika makanan dimasak dengan air dalam waktu lama.
  • Karena dimasak apa adanya tanpa minyak goreng dan garam, sehingga tidak memberi tambahan lemak dan natrium.

Agar hasilnya sesuai dengan tujuan diatas, kamu harus memasak dengan metode yang benar. Berikut cara steaming atau mengukus yang benar:

  • Didihkan sedikit air di panci besar atau wajan atau alat pengukus.
  • Kemudian tempatkan sayuran atau makanan lain di steamer.
  • Jika memakai panci kukus lipat, kamu bisa langsung susun makanan di atas alat pengukus. Sementara jika menggunakan keranjang bertingkat, makanan bisa disusun di piring terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam alat pengukus.
  • Tunggu hingga bahan makanan mencapai tingkat kematangan atau tekstur yang diinginkan.

Agar hasilnya seusai keinginan, terdapat beberapa tips mengukus yang perlu diketahui :

  • Saat mengukus bahan makanan, pastikan tidak terendam air yang mendidih.
  • Kamu bisa pakai alat pengukus bambu Cina.
  • Saat mendidihkan air bisa menggunakan api besar, namun saat mengukus kecilkan api.
  • Tidak ada waktu pasti untuk menentukan tingkat kematangan bahan makanan.
  • Jangan segan cek bahan makanan untuk memastikan sudah matang atau mencapai tingkat kematangan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *